Momen Anies Umumkan Formula E di Monas yang Akhirnya Ditolak

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 11:28 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Formula E di Monas  (Rizki Pratama)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Formula E di Monas. (Rizki Pratama/detikcom)

"Final (jalur)-nya akan diumumkan nanti, apakah ada penutupan atau tidak, insyaallah tidak akan mengganggu lalu lintas. Pertama, kami sesedikit mungkin mengganggu tanaman yang ada jadi tidak ada pemotongan pohon. Kedua, sesedikit mungkin mengubah rute lalu lintas. Ketiga, sesedikit mungkin mengeluarkan biaya tambahan pembangunan trek," kata dia.

[Gambas:Youtube]



Anies juga menjamin keamanan bagi peserta dan penonton saat balapan Formula E bergulir. Seperti apa?

"Kami harus bangun barikade sepanjang trek, seperti pembatas jalur busway tentu dengan desain berbeda," Anies menambahkan.


Hampir lima bulan berlalu, rencana menggelar ajang olahraga bergengsi itu menemui kendala. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) tidak menyetujui rencana Anies menggelar Formula E di kawasan Monas. Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan, salah satunya soal cagar budaya.

"Formula E nanti saya sampaikan rapat komrah (komisi pengarah), bahwa komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan," kata Setya di kantornya, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3