Menkominfo Pastikan Gabung Tim Bentukan Yasonna soal Harun Masiku

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 15:44 WIB
Kominfo Johnny G Plate peringatkan masyarakat terkait hoax penyebaran virus corona. Sebanyak 54 kasus sudah dilaporkan.
Menkominfo Johnny G Plate (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kini memastikan ikut bergabung dalam tim bentukan Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly terkait Harun Masiku. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Menkominfo Johnny G Plate.

"Betul, ada unsur Kominfo dalam tim investigasi independen pengungkapan kasus SIMKIM (Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian) Imigrasi terkait DPO (daftar pencarian orang) Saudara HM (Harun Masiku)," kata Johnny kepada detikcom, Rabu (5/2/2020).

Namun, ketika ditanya lebih lanjut mengenai bagaimana perkembangan tim tersebut mengingat tim independen itu diumumkan Kemenkum HAM sejak 24 Januari 2020, Johnny belum memberikan respons. Saat pengumuman tim itu disampaikan, Kemenkum HAM menyebut unsur lembaga yang bergabung adalah Direktorat Siber Bareskrim Polri, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kominfo, serta Ombudsman.

Namun teranyar, Ombudsman menyampaikan tidak bisa bergabung dalam tim itu karena kendala aturan. Sedangkan unsur lain, seperti Polri dan BSSN, belum memberikan respons lebih lanjut saat dihubungi detikcom.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3