Ini Peran 8 Tersangka Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 13:10 WIB
Polda Metro Jaya merilis kasus pembobolan rekening milik Ilham Bintang (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Foto: Polda Metro Jaya merilis kasus pembobolan rekening milik Ilham Bintang (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menangkap 8 tersangka kasus pembobolan rekening Ilham Bintang. Para tersangka memiliki peran berbeda-beda mulai dari memperjualbelikan data nasabah, menduplikat SIM card korban hingga menghabiskan uang korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut awalnya polisi menangkap tersangka D yang juga sebagai otak dari kejahatan ini. D ditangkap di kediamannya di Palembang, Sumatera Selatan.

"Inisial D otak daripada tindak pidana ini. Dia ditangkap di daerah Sumatera Selatan, Palembang, di salah satu kecamatan di Sumsel," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta (5/2/2020).

Yusri menyebut D berperan sebagai bos dari sindikat ini. Dia membeli data-data nasabah bank dan slip OJK untuk mengetahui data-data korban sebagai targetnya. Tersangka laki-laki berinisial H kemudian yang telah menjual data-data korban itu.

"H laki-laki, dia kerja di salah satu bank di Jakarta ini BPR. Tersangka H punya akses bisa dapat SLIK OJK atau slip OJK. Di situ ada data-data pribadi lengkap seseorang yang memiliki rekening atau limit rekening," jelas Yusri.

"Dia menggunakan kewenangannya ini untuk berbuat jahat, dia menjual ke orang-orang yang nggak bertanggung jawab termasuk ke D," sambungnya.

Simak Video "Kasus Ilham Bintang Jadi Contoh Sanksi Pidana Berat di RUU PDP"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2