Menag Luruskan soal Pemulangan 600 WNI Eks ISIS

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 19:38 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi.
Foto: Menteri Agama Fachrul Razi. (Jefrie-detikcom)

Fachrul juga mengatakan pernyataan mengenai pemulangan 600 WNI mantan anggota ISIS juga berasal dari Mayor Jenderal Hendri Paruhuman Lubis. Fachrul mengklarifikasi hal tersebut.

"Itu kan, anu, yang bilang andaikan itu si anu, siapa si (Hendri Paruhuman Lubis), bukan saya. Saya hanya mengingatkan tuh yang tadi dia sampaikan begitu bahayanya begitu. Jadi membina orang baik jadi radikal hanya dalam waktu pendek, membina orang radikal menjadi baik kembali butuh waktu yang sangat lama dan nggak jadi-jadi itu," jelasnya.

Saat ditanya ada tidaknya kajian mengenai pemulangan WNI eks ISIS itu, Fachrul menyarankan untuk menanyakan ke Kemenkum HAM. "Oh itu Kemenkum HAM, Menko. Jadi bias jauh banget. Nggak ada, nggak ada ngomong apa-apa," pungkasnya.

Sebelumnya, Polri mengatakan sudah mendapat informasi dari Menag Fachrul Razi soal rencana pemulangan 600 WNI eks ISIS di Timur Tengah. Polri akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan keberadaan para WNI itu.

"Sebagaimana diinformasikan Menteri Agama (Fachrul Razi), ada 3 poin penting terkait itu, pertama kita masih koordinasi dengan pemerintah dimana warga negara eks ISIS ini berasal, maksudnya yang masih di negara Syria, Turki, dan Irak. Kita masih koordinasi," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Asep menyebut pihaknya juga akan melakukan profiling dan verifikasi. Langkah itu untuk memastikan kewarganegaraan 600 orang eks ISIS tersebut.

"Iya informasinya memang 600 orang, langkahnya tentu diverifikasi dan profiling dulu bener nggak WNI, harus jelas track record-nya, masih ada proses itu memastikan sambil lihat sikap pemerintah dari sana," ujarnya.

Halaman

(jef/idh)