detikcom dan CT Arsa Foundation Terima Penghargaan dari BNPB

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 18:07 WIB
CT Arsa Foundation dan detikcom Dapat Penghargaan
Foto: CT Arsa Foundation dan detikcom Dapat Penghargaan (dok CT Arsa)
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penghargaan kepada detikcom. Penghargaan diberikan karena detikcom telah berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana serta menulis berita secara objektif.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala BNPB Letjen Doni Monardo kepada detikcom. Penghargaan yang diberikan berupa piagam berbentuk sertifikat. Penyerahannya dilakukan di acara Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tahun 2020 yang diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Selasa (4/2/2020).


Detikcom dinilai berperan aktif dalam memberitakan penanggulangan bencana. Selain detikcom, ada juga sejumlah media online lain yang mendapat penghargaan sama, termasuk juga dari media TV, Radio, dan cetak.

"Selamat kepada rekan-rekan media online yang telah berpartisipasi aktif terlibat dalam langsung di lapangan maupun di jari jemari anda, telah menulis, memberitakan semua dengan objektif, penuh dengan keseimbangan," kata pembawa acara Choky Sitohang dalam acara itu.


Selain itu, BNPB juga memberikan penghargaan kepada CT Arsa Foundation. Penghargaan ini masuk dalam kategori dunia pendidikan dan yayasan atau foundation yang berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana 2019.

"Kategori dunia pendidikan dan yayasan atau foundation yang berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana 2019. Anugerah diberikan kepada Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor (IPB), Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia, Alumni Universitas Indonesia, Himpunan Alumni IPB, dan CT Arsa Foundation," kata Choky.

detikcom dan CT Arsa Foundation Terima Penghargaan dari BNPBFoto: CT Arsa Foundation dan detikcom Dapat Penghargaan (dok CT Arsa)



CT Arsa Foundation memang kerap berperan aktif di bidang sosial, termasuk penanggulangan bencana. Seperti baru-baru ini, CT Arsa Foundation mengirimkan bantuan ke wilayah terdampak longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


CT Arsa memberi bantuan dua genset dan perlengkapan listrik. Karena saat kejadian longsor listrik di Kampung Cibarani, Desa Pasir Madang, Sukajaya, mati. Dengan adanya bantuan genset dari CT Arsa Foundation listrik di daerah tersebut kembali menyala dan warga merasa sangat terbantu.

CT Arsa Foundation juga mendirikan dapur umum dan posko kesehatan yang diisi tenaga medis untuk membantu para korban longsor Sukajaya. Bantuan logistik berupa sembako, pakaian, peralatan bayi, susu hingga air bersih juga diberikan kepada korban longsor.

Tak hanya itu, CT Arsa Foundation juga menurunkan relawan untuk menghibur anak-anak di pengungsian. Dengan adanya relawan CT Arsa Foundation, anak-anak pengungsian tampak ceria.

(zap/hri)