Underpass Kemayoran Terus Kebanjiran, Ini Solusi Jangka Panjang Ahli

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 08:53 WIB
Banjir di Underpass Kemayoran.
Underpass Kemayoran saat terndam banjir (Foto: Rahel/detikcom)
Jakarta -

Underpass Kemayoran kembali terendam banjir dengan ketinggian sekitar 4 meter. Underpass Kemayoran kebanjiran parah dalam kurung waktu kurang dari dua minggu.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, mengatakan untuk menyelesaikan masalah ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah audit ulang sistem drainase di Kemayoran.

"Kenapa underpass Kemayoran terus menerus mengalami genangan cukup parah. Ini harus diaudit dulu penyebabnya apa. Apakah ada kerusakan di sistem drainase atau perubahan di kawasan sekitarnya?" kata Yayat saat dihubungi, Selasa (4/2/2020).


Dia mengatakan underpass Kemayoran dibuat di awal tahun 1990. Saat itu belum banyak bangunan dan permukiman di Kemayoran karena merupakan bekas kawasan bandara.

Dia mengatakan audit atas sistem drainase di Kemayoran akan membuka pangkal masalah banjir di underpass. Sebab, sistem drainase kawasan bandara dan permukiman atau kawasan bisnis punya pola yang berbeda.

"Kemayoran kan berubah-ubah terus. Jadi kalau ada bangunan baru, apartemen baru, itu sistem drainasenya bagaimana? Karena kawasan dulunya bandara, sistem drainasenya bandara. Ketika dia berubah jadi kawasan perkotaan, permukiman, apakah sistem drainasenya itu diubah? Atau ikuti pola lama yang sudah ada," jelasnya.


Menurutnya, jika sistem drainase yang sekarang belum 'up to date', maka perlu ada masterplan baru. Jika tidak, maka underpass Kemayoran akan selalu terendam banjir.

Simak Video "Ketinggian Banjir Underpass Kemayoran Masih 2,5 Meter"

Selanjutnya
Halaman
1 2