Antisipasi Corona, Penundaan Penerbangan dari-ke China Tanpa Batas Waktu

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 17:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Menhub Budi Karya Sumadi (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menunda penerbangan ke China sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Bahwa penerbangan dari dan ke China, Mainland China, itu ditunda mulai hari Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB dan dilakukan dengan waktu yang belum ditetapkan," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat konferensi pers di gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020).

Budi menjelaskan penundaan penerbangan ini dilakukan sesuai instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Dia pun mengatakan penundaan penerbangan ke China ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona ke Indonesia.

Menhub mengungkapkan penundaan ini pun hasil koordinasinya dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Dalam hal menentukan bahwa tingkat bahaya virus, kita sepakat bahwa WHO (World Health Organization) itu kita pakai sebagai acuan. Sehingga pada saat WHO sudah berikan rekomendasi, maka kami laporkan ke Presiden dan kemarin diputuskan untuk tidak dilakukan penerbangan," ungkapnya.

Dia pun mengatakan, pada beberapa hari ke depan, Kemenhub akan mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden. Ratas ini dilakukan untuk menjelaskan dampak ekonomi dari dan ke China.

"Sehingga apa yang kita lakukan, lebih banyak dan concern kami adalah bagaimana kita melindungi warga kita, WNI untuk tidak terjangkit dari virus Corona tersebut," pungkas Budi.

Simak Video "Kominfo Temukan 54 Hoax Terkait Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/gbr)