DPR: Agus Rahardjo cs Tidak Miliki Kedudukan Hukum Gugat UU KPK Baru

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 14:29 WIB
Arteria Dahlan
Arteria Dahlan (Ari Saputra/detikcom)
Arteria menyebut status Agus Rahardjo dan kawan-kawan merupakan wiraswasta. Menurutnya, status ini tidak relevan untuk mengajukan gugatan terhadap UU KPK.

"Bahwa terhadap kedudukan hukum para pemohon perkara 79 yang berprofesi sebagai wiraswasta, DPR RI berpandangan bahwa dalam menjalankan profesinya sebagai wiraswasta yang merupakan profesi mandiri dan tidak terikat dengan pelaksanaan fungsi, tugas dan kewenangan KPK. Para pemohon perkara 79, tidak memiliki relevansi dengan keberlakuan UU KPK," tuturnya.

Tidak hanya itu, Arteria juga menyinggung adanya mantan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) KPK Betti Alisjahbana yang menjadi salah satu pemohon. Menurut Arteria, DPR berpandangan hal ini tidak relevan.

"Terhadap kedudukan hukum salah satu para prmohon perkara 79 yang juga mantan anggota Pansel pimpinan KPK, DPR RI berpandangan bahwa tugas sebagai anggota pansel pimpinan KPK hanya bersifat sementara, sampai terpilihnya pimpinan KPK, sehingga saat ini sudah tidak memiliki hubungan dengan pelaksanaan UU a quo," tuturnya.

Gugatan itu dilayangkan Agus Rahardjo dkk. Mereka meminta UU Nomor 19/2019 tentang KPK dibatalkan.

Halaman

(dwia/asp)