GNPF Minta Gerindra Usung Kader di Pilwalkot Medan: Biar Kami Berjibaku

Ahmad Arfah Lubis - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 11:53 WIB
Ahmad Arfah-detikcom/ GNPF Sumut dengan Pengurus DPC Gerindra Medan, Senin (3/2/2020)
GNPF Sumut dengan Pengurus DPC Gerindra Medan, Senin (3/2/2020). (Ahmad Arfah/detikcom)
Jakarta -

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Sumatera Utara menyambangi kantor DPC Gerindra Medan untuk membahas bakal calon wali kota Medan. GNPF meminta Gerindra mengusung kader sendiri untuk maju menjadi bakal cawalkot Medan.

"Perlu kami jelaskan bahwa GNPF ini sudah membuktikan komitmennya kepada Gerindra untuk bersama ketika Gerindra ingin bersama. Mulai dari kontestasi DKI, GNPF mati-matian bersama kader Gerindra, walaupun menjadi wakil. Kami memberikan konsentrasi kepada Partai Gerindra. Kami melihat di Gerindra ini punya visi-misi yang sama sejak awal. Biarlah kami berjibaku di bawah, tapi bawa kepentingan umat ini. Di 13 tokoh yang kami rilis itu, ada juga kader terbaik Gerindra. Kami harapkan ada dorongan khusus yang dilakukan partai Gerindra untuk mendorong kadernya," kata Wakil Ketua GNPF Sumut, Tumpal Panggabean, di kantor DPC Gerindra Medan, Senin (3/2/2020).

Dari 13 nama yang diusulkan GNPF, ada kader Gerindra, Ihwan Ritonga dan Romo Muhammad Syafii.

Selain itu, ada nama Tifatul Sembiring, MS Kaban, Muhammad Hatta, Sakhyan Asmara, Dedi Iskandar Batubara, Salman Alfarisi, Irfan Hamidi, Safii Efendi, Muhammad Safii, Affan Lubis, dan Rahmat Shah.

Tumpal, yang menjadi Ketua Tim Penjaringan GNPF Sumut untuk Pilkada Medan, meminta Gerindra tidak mau jika kadernya dijadikan calon wakil wali kota.

"Hari ini Gerindra bisa jalan sendiri. Dan itu sangat aneh dalam politik jika Prabowo tidak mengusung kadernya di Pilkada Medan. Ini menjadi penyimpangan politik jika Gerindra menjadi wakil. Tidak ada rumusnya secara politik kita mampu, secara elektabilitas kita kuat, tapi kita mau jadi wakil. Kita lihat kesatriaan Prabowo untuk mengusung kadernya menjadi calon wali kota," jelas Tumpal.

Tumpal juga menjelaskan GNPF hanya berkomunikasi dengan 4 partai politik untuk mengusulkan nama-nama cawalkot Medan. Empat partai itu adalah Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Medan, Bobby O Zulkarnain, menjelaskan pihaknya juga menginginkan kader Gerindra yang maju menjadi cawalkot Medan. Ia juga meminta GNPF mengeluarkan surat resmi dukungan kepada kadernya di Pilkada Medan.

"Pada dasarnya niatan Bapak-bapak dan niatan kami menguatnya sama pada sosok kader terbaik kami. Ada rasa bangga kami jika calon tersebut, seperti Ikhwan Ritonga, yang sama-sama selama ini dengan kami berjuang," kata Bobby.

"Dan kami nanti meminta secara resmi, Bapak dari GNPF masukkanlah surat di kami supaya ada nanti dasar kami untuk mendorong kader. Karena Bapak-bapak adalah elemen masyarakat yang tidak terpisahkan dengan partai politik," imbuhnya.

(fdn/fdn)