Kuda Pacuan Tabrak Penonton di Lintasan, Sejumlah Orang Luka-luka

Abdy Febriady - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 00:49 WIB
Kuda pacuan tabrak penonton dalam lintasan di Polewali. (Dok Istimewa)
Kuda pacuan tabrak penonton dalam lintasan di Polewali. (Dok Istimewa)
Polewali -

Sejumlah warga di Polewali Mandar menderita luka akibat tertabrak kuda pacuan yang sedang berlaga di lintasan. Warga yang tertabrak merupakan kerumunan penonton, yang nekat menyaksikan pacuan kuda di dalam lintasan pacuan kuda.

Pacuan kuda berlangsung di kawasan Sport Centre, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. Detik-detik peristiwa menegangkan tersebut terekam kamera warga, kini beredar luas di media sosial. Terlihat di video itu, ada pria yang kepalanya bedarah dan dipapah pria lainnya usai ditabrak kuda.

Ketua Persatuan Olah Raga Berkuda (Pordasi) Kabupaten Polewali Mandar, Andi Raden Mulyo mengatakan, pihaknya bersama panitia telah mengimbau warga agar keluar dari lintasan, namun kerap tidak diindahkan kendati telah mengerahkan aparat keamanan untuk melakukan penertiban.

"Itu merupakan kesalahan di luar dari kewenangan kami, di mana sebelum kegiatan dilombakan, kami selalu mengimbau penonton agar meninggalkan arena pacu setelah kudanya dilepas, dan baru memasuki lapangan saat kuda setelah memasuki finish, kami juga telah mengerahkan aparat keamanan, namun karena euforia penonton mereka nekat masuk ke dalam lapangan," ujar Raden Mulyo kepada wartawan, Minggu (02/02/20).

Kegiatan digelar agar olah raga berkuda di daerah ini semakin berkembang. "Intinya, bagaimana olah raga berkuda di Polewali Mandar bisa semakin berkembang, dan kita usahakan bagaimana pacuan kuda yang ada di Polman, tidak hanya bertaraf lokal, tetapi semakin maju melangkah ke jenjang nasional," pungkas Raden Mulyo.

Pelaksanaan pacuan kuda yang berlangsung selama dua hari, Sabtu - Minggu, memperebutkan Piala Bupati Polewali Mandar 2020. Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di Sulawesi.

(dnu/dnu)