Usung Calon Walkot Semarang, Sejumlah Partai Mengacu Rekomendasi PDIP

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 19:53 WIB
Pemkot Sermarang
Foto: Istimewa
Jakarta -

Prediksi banyak pihak akan adanya kolom kosong pada kertas coblosan di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2020 semakin menguat. Setelah Partai Golkar dan Partai Nasdem Kota Semarang menyatakan berkoalisi, serta kemudian PKS menyatakan membuka komunikasi, kini giliran Partai Demokrat, Gerindra, dan PAN menyusul merapat ke PDIP Kota Semarang.

Sejumlah partai di Kota Semarang yang telah sepakat berkoalisi dengan PDIP itupun menegaskan, akan mengusulkan rekomendasi satu nama yang sama kepada pengurus pusat masing-masing partai. Adapun terkait nama yang diusulkan akan mengacu pada rekomendasi Calon Wali Kota Semarang yang diajukan oleh pengurus pusat PDI Perjuangan.

Hal tersebut diakui salah satunya oleh Ketua PAN Kota Semarang, Wachid Nurmiyanto. Dirinya menjelaskan jika koalisi akan mengajukan satu calon yang sama.

"Nama itu kemudian akan dimintakan rekomendasi ke masing - masing pengurus pusatnya. Misalnya nanti mas Hendi, ya sudah mas Hendi kita mintakan rekom," tambahnya."Calonnya siapa kita belum tahu, masih menunggu rekom, tapi yang penting kendaraannya kita siapkan dulu dengan membangun koalisi," terang Wachid.

Sementara itu Partai Demokrat Kota Semarang melalui ketuanya Wahyu Winarto menegaskan jika sama seperti perhelatan pilwalkot sebelumnya di tahun 2015, pada kali ini pun Demokrat masih konsisten bersama PDIP di Kota Semarang.

"Kalau kita sudah ada kedekatan, dari lima tahun ke belakang sampai sekarang, komunikasinya terjaga betul," aku pria yang akrab disapa Liluk tersebut.

Sikap Partai Demokrat di tingkat Kota Semarang itu kemudian juga diamini oleh pengurus di tingkat provinsi. Ketua DPW Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah Rintho Subekti mengungkapkan nantinya calon yang akan diusung bersama adalah memang sosok yang sangat dibutuhkan masyarakat Kota Semarang.

"Dari Partai Demokrat Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah sudah sepakat dengan mas Hendi. Kami menunggu ada keputusan, setelah itu kami akan meminta DPP," ungkap Rinto.

Di sisi lain, Ketua Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengungkapkan jika keputusan partainya ke PDIP didasari atas jajak pendapat, pertimbangan ahli, serta seluruh pengurus Gerindra pada tingkat Kecamatan.

"Dari road show yang kami lakukan, semua mengatakan bahwa pembangunan yang dilakukan petahana wali Kota Semarang saat ini luar biasa, dan harus dilanjutkan," jelasnya

"Maka dari itu kami akan berkoalisi mengusung calon bersama PDIP dan menjaga pemerintahan ke depan," imbuhnya.

Terkait tercapainya kesepakatan PDIP dengan hampir seluruh partai yang memiliki kursi di DPRD Kota Semarang, Sekretaris PDIP Kota Semarang, Kadar Lusman meyakini dengan begitu maka proses demokrasi di tahun 2020 dapat berjalan lebih kondusif, dan tidak mengganggu keberlanjutan pembangunan.

"Hampir seluruh partai sudah menyatakan sepakat berkoalisi, dan kami menghargai sikap dari rekan-rekan partai lain yang menunggu rekom PDIP turun dulu baru mengeluarkan rekom masing - masing," tuturnya.

"Setelah ini setiap partai akan mensosialisasikan keputusannya sampai ke tingkat paling bawah, sehingga diharapkan semua bisa saling menjaga," pungkasnya.

Tonton juga Beda Pendapat Kader PDIP-Demokrat Soal Penanganan Jiwasraya :

[Gambas:Video 20detik]

(akn/ega)