Terkait Corona, KJRI Hong Kong Larang Majikan Ajak TKI ke China Daratan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 15:20 WIB
Antrean panjang warga yang hendak membeli masker terlihat di apotek maupun toko di Hong Kong. Mereka ramai-ramai beli masker agar terhindar dari virus corona.
Warga Hong Kong Antre Beli Masker (AP Photo)
Hong Kong -

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong melarang majikan mengajak pekerjanya yang berasal dari Indonesia bepergian ke wilayah China daratan. Hal itu terkait virus Corona.

"Memperhatikan situasi wabah virus Corona saat ini dan kebijakan pemerintah Hong Kong, maka kami meminta agen tenaga kerja dan majikan untuk tidak mengajak para pekerja dari Indonesia melakukan perjalanan ke China," kata Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong Ricky Suhendar dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Antara, Minggu (2/2/2020).

Konjen juga meminta agen dan majikan mengecek kembali masa kontrak kerja pekerja migran asal Indonesia.

"Jika saat ini mereka (para pekerja Indonesia) ada di China, agen dan majikan harus bisa memulangkan mereka ke Hong Kong sesegera mungkin," tegas Ricky.

Ia menekankan hal itu mengingat Pemerintah Hong Kong akan menutup pintu-pintu perbatasan dengan China pada Kamis tengah malam. KJRI ingin memastikan keselamatan dan keamanan pekerja migran asal Indonesia yang juga merupakan tanggung jawab agen dan majikan.

Banyak di antara majikan di Hong Kong yang mengajak pekerja asal Indonesia bepergian ke China daratan, bahkan tidak jarang mereka juga mempekerjakannya.

WNI dari Wuhan Disemprot Cairan Khusus Sebelum ke Natuna:

Selanjutnya
Halaman
1 2