Round-Up

Nikita Dijemput Paksa untuk Diserahkan ke Jaksa

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 07:48 WIB
Nikita Mirzani saat ditemui di studio Trans TV.
Foto: Nikita Mirzani (Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Penjemputan paksa artis Nikita Mirzani oleh polisi bikin heboh. Niki, sapaan akrab Nikita, dijemput polisi untuk diserahkan ke kejaksaan setelah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dinyatakan lengkap (P-21).

Dirangkum detikcom, Nikita Mirzani dijemput paksa oleh polisi di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (30/1) malam jelang dini hari. Setelah upaya paksa itu, Nikita diperiksa di Polres Jakarta Selatan dan resmi ditahan pada Jumat (31/1) pagi.

"Ya, kami sampai saat ini masih punya kewenangan, walaupun telah dinyatakan lengkap perkaranya kami jadi bisa melakukan upaya paksa seperti penangkapan, penahanan," kata Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Irwan Susanto kepada wartawan di kantornya, Jl Wijaya II, Kebayoran Baru, Jaksel, Jumat (31/1/2020).

Polisi berencana melimpahkan Niki ke kejaksaan pada Senin 3 Februari 2020 pekan depan. Sembari polisi menyiapkan administrasi untuk pelimpahan tahap 2, Niki ditahan di Polres Jaksel.

"Dalam proses penyerahan tersangka dan barang bukti ini perlu ada dokumen dan administrasi yang kita siapkan kemudian sama juga dengan kejaksaan menyiapkan beberapa hal untuk tindakan selanjutnya setelah dilakukan pelimpahan," tuturnya.

Irwan menegaskan penjemputan Niki sudah sesuai standar operasional dan prosedur (SOP) kepolisian. "Jadi kami Satreskrim Polres Metro Jaksel tadi malam melakukan sebagian dari upaya paksa pada tersangka NM di mana tindakan ini sudah sesuai prosedur hukum. Kami tetap pada porsi aturan yang ada," tegas Irwan.

Polisi menjemput paksa Niki karena kasusnya telah dinyatakan lengkap (P21). Polisi punya kewajiban menyerahkan tersangka ke jaksa.

"Jadi kami ada kewajiban tersangka dan barang bukti di mana per tanggal 26 November 2019 kami telah mendapatkan surat lengkap bahwa berkas perkara kami dinyatakan lengkap oleh kejaksaan. Di mana setelah kegiatan itu, kegiatan selanjutnya adalah penyerahan tersangka dan barang bukti. Termasuk tersangka NM tadi malam dalam rangka pengamanan," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3