Round-Up

Menanti Indahnya Kali Hasil Naturalisasi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 07:40 WIB
Foto udara suasana wilayah bantaran sungai Ciliwung yang belum dinormalisasi (bawah) dan yang sudah dinormalisasi (kiri) di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Minggu (5/1/2020). Rencana pembangunan tanggul normalisasi atau naturalisasi yang menjadi program Gubernur Anies Baswedan hingga saat ini belum mencapai target yaitu hanya 16,19 km dari total 33,69 km dikarenakan terkendala pembebasan lahan. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta -

Naturalisasi sungai terus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mengantisipasi banjir. Selain itu, naturalisasi juga diharapkan dapat memperindah bantaran kali.

"Iya memperindah dan menampung curahan hujan, jadi nggak langsung terbuang, ditampung di situ," ucap Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf saat dihubungi, Jumat (31/1/2020).

Tiga lokasi yang bakal dinaturalisasi adalah Kanal Banjir Barat segmen Shangri La-Karet, Kanal Banjir Barat segmen Sudirman-Manggarai, dan Kali Ciliwung Lama segmen Jalan Krapu. Pemprov DKI saat ini sedang melakukan proses lelang.

"Oh jadi, sebelum akhir tahun sih kami usahakan selesai," ucap Juaini.

Namun Juaini tidak merinci bentuk pinggiran kali yang dinaturalisasi. Juaini lantas mencontohkan penataan di Kali Banjir Barat di depan Shangri-La yang hampir selesai.

"Ya (konsep) naturalisasi, proyek naturalisasi itu," kata Juaini.

"Sekarang pengin detail dijelaskan lisan agak susah nih, baiknya tengok di depan Shangri-La Hotel, itu modelnya kayak itu," ucap Juaini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3