Roy Suryo Beberkan Kejanggalan Terkait Pembobolan Rekening Ilham Bintang

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 16:48 WIB
Roy Suryo
Roy Suryo (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Roy Suryo mengungkap kejanggalan pada kasus pembobolan kartu ponsel dan rekening yang dialami wartawan senior Ilham Bintang. Roy mempertanyakan proses SIM card swap yang akhirnya membobol rekening wartawan senior itu.

"Pertama kali saya mendengar kasus ini saya langsung berkata bukan hanya ini puncak gunung es, tapi ini ada test case, saya menduga test case. Karena yang dikerjain itu bukan orang sembarangan, saya anggap Bang Ilham ini merupakan satu, tokoh masyarakat dan agak keras," ujar Roy di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (31/1/2020).

Roy menilai kasus yang dialami Ilham sebagai kasus uji coba. Dia mengatakan pembobolan ponsel dan rekening ini bisa diterapkan ke orang lain.

"Kedua, beliau adalah senior di kalangan wartawan. Jadi artinya saya sangat yakin bahwa siapa pun yang nanti akan terungkap atau ada di balik ini itu memang sengaja, ada kesengajaan untuk menjadikan beliau itu sebagai target. Kalau ini saja saya kerjain, nanti jadinya kayak apa, berarti di bawah beliau dengan mudah dibobol," katanya.

Roy kemudian menceritakan hasil analisisnya terkait kasus itu. Pada 3 Januari 2020, seseorang yang mengaku Ilham Bintang mendatangi gerai salah satu provider di Bintaro Xchage. Orang tersebut kemudian melakukan pertukaran data atau SIM card swap.

"Setelah saya dengar, saya baca case-nya, menurut saya sangat aneh karena sedemikian beraninya sebuah gerai, sebuah konter di Bintaro Xchange, konter Indosat itu melakukan sebuah swap dari SIM card, istilahnya swap SIM card, pertukaran data," jelas Roy.

"Maksud saya adalah yang kita pegang itu seperti kayak kalau kita punya kendaraan ada STNK, BPKB. Kalau STNK dan BPKB-nya nggak cocok, dia nggak akan jalan. Makanya kita bisa mengubah, kalau habis ya kita cetak lagi STNK, STNK ada kodenya, sepanjang dia cocok dengan yang ada, dia jalan lagi," ungkapnya.

Simak Video "Kasus Ilham Bintang Jadi Contoh Sanksi Pidana Berat di RUU PDP"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2 3