Pemprov DKI Ingin Monas Seperti Eiffel, Apa Perbedaannya?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 20:19 WIB
Perbandingan Monas dan Menara Eiffel (detikcom)
Foto: Perbandingan Monas dan Menara Eiffel (detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI ingin merevitalisasi kawasan Monas, agar tugu Monas bisa mudah terlihat seperti menara Eiffel di Paris, Prancis. Perbandingan antara Monas dan Eiffel ini tentu saja memantik pertanyaan: apa perbedaan kedua menara ini?

Sebagaimana dikutip dari laman Jakarta.go.id, Monas merupakan Tugu Peringatan Nasional yang didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat melawan penjajah Belanda. Monas berada di pusat kota Jakarta yaitu di Lapangan Monas Jakarta Pusat dibangun pada tahun 1960.

Tugu Monas ini dibangun di areal taman seluas 80 hektare. Tugu ini diarsiteki oleh Soedarsono dan F Silaban, dengan konsultan Ir Rooseno. Resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Bentuk Tugu peringatan yang satu ini sangat unik. Sebuah batu obelisk yang terbuat dari marmer yang berbentuk lingga yoni simbol kesuburan ini tingginya 137 meter.

Di dalam monas terdapat Museum Sejarah. Tinggi pelataran cawan 17 meter dan tinggi ruang Museum Sejarah 8 meter, luas pelataran cawan yang berbentuk bujur sangkar berukuran 45 meter X 45 meter merupakan pelestarian angka keramat Proklamasi Kemerdekaan RI 17-8-1945.

Di puncak Monumen Nasional terdapat cawan yang menopang berbentuk nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kg. Lidah api atau obor ini sebagai simbol perjuangan rakyat Indonesia yang ingin mencapai kemerdekaan.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi toureiffel.paris, Menara Eiffel dibangun oleh Gustave Eiffel sebagai Eksposisi Universelle (acara pameran dunia) 1889, untuk merayakan peringatan 100 tahun Revolusi Prancis. Menara Eiffel ini terbuat dari logam besi.

Pembangunannya dilakukan dalam kurun waktu 2 tahun, 2 bulan dan 5 hari. Menara Eiffel ini merupakan simbol dari kecakapan teknologi, ketika era industrialisasi dimulai. Dalam dua tahun terakhir, menara ini dipakai sebagai menara pemancar radio publik.

Selanjutnya
Halaman
1 2