Imparsial soal Perburuan Harun Masiku: Kita Disajikan Dagelan Aneh

ADVERTISEMENT

Imparsial soal Perburuan Harun Masiku: Kita Disajikan Dagelan Aneh

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 17:32 WIB
Imparsial soal Perburuan Harun Masiku: Kita Disajikan Dagelan Aneh
Foto: Yogi Ernes/detikcom
Jakarta -

Peneliti dari Imparsial, Husein Ahmad, mengatakan perburuan Harun Masiku menyajikan lelucon-lelucon aneh. Husein memulai dari pencopotan Ronny Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi.

"Yasonna Laoly dalam statement-nya mengatakan akan conflict of interest dilakukan Ronnie Sompie di kasus Harun Masiku. Kita patut menduga bahwa keberadaan Ronny sebagai keluarga besar Polri itu tentu diduga melakukan conflict of interest," kata Husein di Kantor Transparency International Indonesia, Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

Husein melanjutkan, masyarakat cenderung abai terhadap keputusan pemerintah mengangkat anggota TNI-Polri dalam jabatan publik. Dia mencontohkan Ketua KPK Firli Bahuri yang juga berstatus jenderal aktif.

"Kita hari ini disajikan dengan dagelan-dagelan yang aneh, misalnya dalam kasus Harun Masiku. Kita tahu Ketua KPK merupakan jenderal Polri aktif, ketika beliau mendapat suara penuh di DPR, Firly digadang-gadang bisa menjadi jembatan antara Polri dan KPK," sebut Husein.

"Tapi, ketika pengejaran Harun di PTIK kemarin, yang terjadi justru sebaliknya. Justru ada upaya mempersulit penyidikan KPK untuk mengejar Harun Masiku. Saya tidak tau apa Firly sudah melakukan koordinasi atau tidak, tapi yang jelas penyidik KPK di sana tidak bisa mengejar orang yang diduga Harun Masiku," sambungnya.

Untuk itu, Husein mengimbau pemerintah agar mengevaluasi keputusan menempatkan TNI-Polri di jabatan publik. Husein menilai masih banyak warga sipil yang berkompeten mengisi posisi-posisi strategis.

"Saya kira orang-orang sipil juga masih banyak yang mampu kok yang menempati jabatan-jabatan (publik) tersebut. Tidak melulu kita harus menempatkan aparat keamanan di jabatan publik yang lewat kasus Harun Masiku saja telah mempertontonkan sikap yang tidak baik," ungkap Husein.

Simak Video "Kata Kapolri Soal Isu Harun Masiku dan 'Insiden' di PTIK"

[Gambas:Video 20detik]

(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT