Demo Buruh Bubar, Jalan Medan Merdeka Barat Kembali Dibuka

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 15:32 WIB
Lalin di Jalan Medan Merdeka Barat kembali dibuka usai demo buruh (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Lalin di Jalan Medan Merdeka Barat kembali dibuka usai demo buruh (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh yang berdemonstrasi di depan Istana Negara, Jakarta telah membubarkan diri. Lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat menuju ke arah Bundaran HI pun kembali dibuka.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (30/1/2020), massa mulai membubarkan diri pada pukul 14.05 WIB. Sejam kemudian, kawat barier yang sebelumnya menutup jalan pun dipinggirkan. Mobil, motor, hingga bus TransJakarta yang ingin melalui Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Harmoni menunju ke Bundaran HI sudah bisa melintas.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa yang digelar gabungan dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu sempat membuat lalu lintas di Jl Medan Merdeka Barat dari arah Harmoni menuju ke Bundaran HI ditutup.

Sebelumnya ratusan buruh menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta. Aksi tersebut dilakukan untuk menolak omnibus law RUU Cipta Lapangan Kerja yang tengah digodok pemerintah.

"Hari ini kita menyampaikan pesan moral kepada pemerintah maupun kepada masyarakat kepada eksekutif legistkatif dalam rangka menyongsong untuk membuat undang-undang omnibus law khususnya cluster ketenagakerjaan. Kita berharap banyak bahwa pemerintah berkomitmen, DPR berkomitmen, untuk tetap melindungi semua tumpah darah, meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat," kata Koordinator Gerakan Kesejahteraan Nasional (GEKANAS) R Abdullah sebagai penyelenggara aksi.

(jef/mae)