Dari Tangerang Geser ke Kaltim, Bagaimana Gerak King Of The King?

Ferdinan - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 13:15 WIB
DOK. Polres Kutai Timur/ Spanduk King of The King di Kutai Timur Kaltim
Foto: DOK. Polres Kutai Timur/ Spanduk King of The King di Kutai Timur Kaltim
Kutai Timur -

Bermula dari spanduk di Tangerang, Banten, King of The King jadi sorotan di tengah fenomena klaim kelompok nusantara. Ternyata King of The King juga menjejakkan kaki di Kalimantan Timur (Kaltim).

Kapolres Kutai Timur, Kaltim, AKBP Indras Budi Purnomo mengatakan, perekrutan koordinator wilayah dilakukan di Bandung. Mr Dony Pedro yang mengaku sebagai presiden King of The King menggelar pertemuan merekrut koordinator wilayah pada Juli 2019.

Keterangan ini didapat dari dua tersangka kaki tangan King of The King di Kutai Timur berinisial BU dan Z. BU merupakan ketua Indonesia Mercusuar Dunia (IMD) Kaltim yang berafiliasi dengan King of The King.

"Tersangka BU pernah diundang ke Bandung untuk bertemu Dony Pedro pada Juli 2019. Setelah itu komunikasi dilakukan lewat telepon," ujar AKBP Indras saat dihubungi, Kamis (30/1/2020).

Sedangkan tersangka Z dalam pemeriksaan sementara mengaku sudah berkomunikasi dengan presiden King of The King Mr Dony Pedro sejak 2017. Z sebelumnya menjadi pimpinan IMD Kaltim lalu posisinya digantikan tersangka BU.

"Tersangka BU dan Z dijanjikan akan diberi bonus yang lebih dibanding simpatisan. Tapi nominal tidak disebutkan, hanya ada juga janji dikasih motor," sambung AKBP Indras.

Di Kaltim, pengikut IMD yang berafiliasi dengan King of The King berjumlah 93 orang yang tersebar di Samarinda, Berau dan Kutai Timur. Di Kutai Timur tercatat ada 20 orang menjadi pengikut IMD yang diminta menyetorkan duit Rp 1,75 juta.

"Semuanya 93 pengikut menyetorkan dana amanah Allah untuk (dikirim ke) Mr Dony Pedro," sebut AKBP Indras.

Para koordinator menjanjikan duit setoran para pengikut dikembalikan Rp 3 miliar pada akhir Maret 2020. Kini bukti transaksi transfer antar-bank dan dokumen lain dipegang polisi sebagai dasar penyidikan kasus penipuan terkait King of The King.

(fdn/fjp)