Imigrasi Makassar Bakal Buka Layanan Paspor Sejumlah Daerah di Sulsel

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 11:29 WIB
Kantor Imigrasi Makassar bakal membuka layanan pembuatan paspor di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel).
Foto: Hermawan Mappiwali/detikcom
Makassar -
Kantor Imigrasi Makassar bakal membuka layanan pembuatan paspor di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Kebijakan ini sebagai solusi soal banyaknya pemohon paspor dari berbagai daerah di luar Makassar.
"Untuk mendekatkan pelayanan di berbagai daerah, mungkin kita buka di mal, di waktu tertentu kita membuka layanan simpatik," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkunham Sulsel, Priyadi kepada wartawan saat Deklarasi Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Makassar, Kamis (30/1/2020).
Masyarakat dari seluruh daerah di Sulsel selama ini memang harus menempuh jarak yang jauh ke Kantor Imigrasi Makassar jika hendak mengurus paspor. Priyadi menyebut problem tersebutlah yang coba ditangani dengan pelayanan paspor via online dan membuka layanan ke sejumlah daerah.
Priyadi mengatakan program tersebut juga bakal dilakukan saat musim haji tahun ini dengan bekerja sama dengan Pemprov Sulsel.
"Misalnya musim haji, kan ketika musim haji betapa jauhnya dari Selayar ke sini, Bone ke sini, kami nanti akan ke sana bersama-sama. Kami disupport Pak Gubernur, kita akan dibantu khusus kendaraan mobile untuk pelayanan paspor," pungkas Priyadi.
Sementara Kepala Kantor Imigrasi Makassar Andi Pallawarukka mengatakan upaya layanan paspor di sejumlah daerah luar Makassar merupakan bagian dari penerapan wilayah bebas korupsi (WBK).
"WBK sudah kita maksimal terapkan, sekarang kita coba ke tahap selanjutnya, untuk zona integritas WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani)," ujar Pallawarukka.

(tor/tor)