Round-Up

Akhir Cerita KLHK dengan WWF Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 20:09 WIB
Siti Nurbaya tiba di Istana.
Foto: Menteri LHK Siti Nurbaya. (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Setelah 22 tahun lamanya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengakhiri hubungannya dengan Yayasan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia. Hubungan kerja sama yang dijalin keduanya diakhiri lantaran WWF Indonesia dinilai telah melanggar subtansi kerja sama.

Pemutusan hubungan kerja sama itu dituangkan melalui Keputusan Menteri Nomor SK.32/Menlhk/Setjen/KUM.1/1/2020 tertanggal 10 Januari 2020. Dalam SK yang diteken oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya itu, dijelaskan bahwa selama ini KLHK bekerjasama dengan WWF Indonesia dalam program konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya di Indonesia. Kerjasama ini dilakukan berdasarkan Perjanjian Kerja Sama bernomor 188/DJ-VI/Binprog/1998 dan Nomor CR/026/III/1998 tanggal 13 Maret 1998.

Pemutusan hubungan kerja sama ini meliputi tiga hal. Pertama, yakni perjanjian kerja sama antara KLHK Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam dengan Yayasan WWF Indonesia Nomor 188/DJ-VI/Binprog/1998 dan Nomor CR/026/III/1998 tanggal 13 Maret 1998 dan semua pelaksanaan kerja sama tersebut.

Kedua, semua perjanjian kerja sama antara KLHK yang melibatkan Yayasan WWF Indonesia. Ketiga, semua kegiatan Yayasan WWF Indonesia bersama Pemerintah dan Pemerintah Derah yang dalam ruang lingkup bidang tugas, urusan dan kewenangan KLHK.

Sejumlah hal menjadi dasar pertimbangan KLHK dalam mengakhiri hubungan kerja sama dengan WWF Indonesia. Salah satunya, KLHK menilai WWF Indonesia telah memperluas ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3