PKS Susul Demokrat Usul Pembentukan Pansus Hak Angket Jiwasraya

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 15:45 WIB
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini
Jazuli Juwaini (Dok. Fraksi PKS)
Jakarta -

Fraksi PKS DPR RI menyusul Partai Demokrat (PD) mengusulkan pembentukan pansus hak angket kasus Jiwasraya. PKS berharap adanya pansus bisa membongkar permasalahan kasus Jiwasraya sampai ke akarnya.

"Seluruh anggota fraksi PKS 50 orang lengkap sudah tanda tangan," kata Ketua F-PKS DPR RI Jazuli Juwaini di ruang F-PKS, Kompleks Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

"Pansus ini diharapkan tidak hanya mengantarkan orang menjadi tersangka, atau sekadar uang balik saja, tapi apa masalah sesungguhnya agar tidak terulang pada perusahaan sejenis. Itulah mengapa PKS membentuk pansus, supaya lebih dalam, lebih transparan, dan lebih luas," lanjutnya.

Selain itu, pembentukan pansus ini, kata Jazuli, dapat membuka titik terang jika ada tokoh yang terlibat sehingga tidak ada lagi yang merasa tertuduh.

"Ini sebenarnya lebih bagus, karena belakangan juga muncul orang-orang yang merasa tertuduh ya kan, justru dengan adanya pansus diungkap transparan kita selamatkan juga orang tidak terlibat dan tertuduh itu. Kita ingin selamat kan itu semuanya," ujarnya.

Sebelum PKS, Fraksi Partai Demokrat juga telah mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Jiwasraya. Demokrat menilai harus dilakukan penyelidikan yang komprehensif, terkoordinasi, dan tuntas.

"Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 juncto Nomor 2 Tahun 2018 tentang MD3 Pasal 79 tentang Hak DPR, maka Fraksi Partai Demokrat mengusulkan pembentukan Pansus Hak Angket," kata Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau (Ibas) lewat keterangan pers, Selasa (28/1/2020).

Simak Video "Politkus Demokrat soal Surat Jiwasraya SBY: Ini Sikap Negarawan!"

[Gambas:Video 20detik]

(eva/idn)