Lagi! WN Bulgaria Ditangkap di Bali karena Skimming

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 12:21 WIB
2 WN Bulgaria ditangkap Polda Bali terkait kasus skimming (dok. detikcom)
2 WN Bulgaria ditangkap Polda Bali terkait kasus skimming (dok. detikcom)
Denpasar -

Dua warga negara (WN) Bulgaria, Metodi Angelov Nikolov dan Yanko Naydenov Borisov, diringkus polisi. Kedua turis ini kedapatan mencuri informasi (skimming) di mesin ATM di wilayah Bali dengan modus baru.

"Ini bermula karena maraknya laporan tindak pidana skimming di wilayah Bali. Selanjutnya tim Subdit V Cyber Crime Polda Bali bersama Satgas CTOC Polda Bali investigasi secara intensif di seputaran Canggu dengan hasilnya berhasil menangkap dua warga Bulgaria," kata Wadir Reskrimsus Polda Bali AKBP Bambang Tertianto saat jumpa pers, Rabu (29/1/2020).

Kedua pelaku diamankan pada Jumat (17/1). Keduanya mencuri data dengan memasang kamera tersembunyi yang dimodifikasi dan ditempatkan di lokasi alat tempel dompet uang digital untuk mengintai PIN nasabah. Mereka juga memasang satu set router di mesin ATM untuk mengambil dan mengkopi data nasabah.

"Saat itu kedua pelaku bertugas untuk melepas dan memasang alat. Alatnya adalah kamera tersembunyi yang dimodifikasi menjadi T-Cash yang menempel di mesin ATM," sambung Bambang.

Dia mengatakan korban skimming ini ialah para warga negara asing (WNA) yang ada di Bali. Polisi menyatakan belum ada warga lokal Bali yang jadi korban.

"Kebanyakan ya korban para wisatawan dari luar," jelas Bambang.

Saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap komplotan yang bertugas di belakang kedua pelaku ini.

"Ada juga orang yang memasang peralatan itu, ada juga yang bertugas mengelola data-data itu dan juga orang yang mengambilin uangnya kita masih kembangkan," tegas Bambang.

Simak Video ''Sejoli Asal Rusia Tepergok Tanam Ganja Secara Hidroponik di Bali"

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/tor)