Menteri LHK: Ada Indikasi Revitalisasi Monas Tak Sesuai Prosedur

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 17:54 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ikut turun tangan dalam persoalan revitalisasi Monas. Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan ada indikasi proyek Pemprov DKI itu tidak sesuai dengan prosedur.

"Kami lagi lakukan pemeriksaan. Jadi dari sisi prosedur saja ada kesalahan. Nanti di dalam prosedur Keppres 25 Tahun 1995 itu terlihat sekali indikasi bahwa pekerjaan yang secara fisik sudah dilakukan di Monas itu tidak sesuai prosedur dari situ KLHK," kata Siti di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).


Misalnya terkait penebangan ratusan pohon di Monas. Siti mengatakan saat ini KLHK sedang mendalami apakah penebangan itu termasuk kerusakan lingkungan.

"Kemudian juga di dalam kegiatan revitalisasi itu sedang dialami juga pemeriksaannya sudah mulai dilakukan pengumpulan bahan keterangan sudah dilakukan oleh Dirjen Gakkum. Mereka sudah turun ke lapangan untuk sedang dilihat izin yang kegiatan yang direncanakan untuk revitalisasi Monas, itu dalam kegiatan apa, ada atau nggak pemberitahuannya, ada atau nggak mekanisme perencanaan lingkungannya nah itu kalau bermasalah semua bisa kena pasal," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2