UNHCR Ungkap 13 Ribu Pengungsi dari 45 Negara di RI, Mayoritas di Jabodetabek

Rahel - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 12:43 WIB
UNHCR
Representatif UNHCR Indonesia Ann Maymann (Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom)

Jumlah pengungsi yang disebutkan Maymann itu lantas dirinci Assistant Protection Officer UNHCR Isa Soemawidjaja. Dia menyebut total pengungsi di Indonesia saat ini sebanyak 13.657 orang pengungsi.

"Ini di Indonesia tadi disebutkan 13.657 dan paling besar 56 persen adalah pengungsi dari Afghanistan. Dan kebanyakan dari mereka suku Hazara minoritas dan agamanya syiah Islam. Kita ada Somali, Somali ini kebanyakan klan minoritas di mana dinilai agamanya sudah sama tapi klan beda tetap aja dipersekusi dan harus pergi dari negaranya. Dan Irak tentunya kebanyakan di Indonesia ini adalah sunni muslim di mana mereka jadi target di Irak karena identitas agama mereka suku mereka," ujar Isa.

UNHCR Ungkap 13 Ribu Pengungsi dari 45 Negara di RI, Mayoritas di JabodetabekAssistant Protection Officer UNHCR Isa Soemawidjaja (Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom)

"Nah di mana aja pengungsi yang ada di Indonesia dari 13.000. Sebagian besar memang di Jabodetabek ya. Ada sekitar 7.147. Tetapi juga ada di luar Jakarta dan Pulau Jawa. Medan jadi terbesar kedua setelah Jabodetabek dan Makasar terbesar ketiga," imbuh Isa.

Halaman

(dhn/dhn)