Ngaku Bisa Carikan Kerja, PNS Gadungan Gondol 19 Laptop untuk Bayar Utang

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 11:49 WIB
PNS gadung di Makassar ditangkap karena menipu dan mencuri 19 laptop (Dok. Istimewa)
PNS gadung di Makassar ditangkap karena menipu dan mencuri 19 laptop (Dok. Istimewa)
Makassar -

Polisi meringkus Nasrullah alias Ullah (28) atas sejumlah aksi penipuan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bermodus mengaku PNS, Ullah mencuri 19 laptop korbannya.

"Dari 19 unit laptop atau notebook tersebut pelaku mendapatkan uang hasil gadai sekitar Rp 15 juta," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko saat dimintai konfirmasi, Selasa (28/1/2020).

"Dan uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhannya yaitu membeli makanan dan membayar utang-utangnya," jelasnya.

Ullah ditangkap saat asyik di sebuah warkop, Jl Talasalapang, Makassar, pada Sabtu (25/1), sekitar pukul 20.00 Wita. Polisi menyebut pelaku mengaku sebagai PNS yang bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menipu korban.

Ngaku Bisa Carikan Kerja, PNS Gadungan Gondol 19 Laptop untuk Bayar UtangBarang bukti 19 laptop hasil kejahatan pelaku (Dok. Istimewa)

Salah satu korban melapor ke polisi karena ditipu dengan cara dijanjikan pekerjaan dengan syarat meminjamkan laptop untuk kebutuhan menginput data penduduk di BPS. Namun pelaku menggadaikan laptop korban untuk sejumlah kebutuhan seperti melunasi utang.

"Pelaku mengiming-imingi korbannya sebuah pekerjaan dengan gaji sebulan Rp 2,5 juta," ujar Indratmoko.

"Turut kita amankan 1 setel pakaian PNS atas warna putih, bawah warna hitam, beserta 2 buah pangkat PNS golongan 3A yang sudah terpasang," katanya.

Saat ditanya banyaknya barang bukti laptop yang diamankan, Indratmoko mengatakan pelaku telah melancarkan aksinya kepada sejumlah korban.

"Korbannya sudah beberapa, bukan cuma satu," kata Indratmoko.

(jbr/jbr)