Buka Opsi Evakuasi WNI Terkait Virus Corona, RI Tunggu Saran China

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 18:18 WIB
Virus corona yang menyebar di wilayah Wuhan, China, membuat sejumlah warganya terjangkit dan harus dievakuasi ke rumah sakit. Tim medis pun bantu evakuasi warga
Kota Wuhan, China, yang diduga sebagai asal muasal virus Corona. (Foto: Chinatopix via AP)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sudah menggelar video conference dengan pihak terkait mengenai wabah virus Corona (2019-nCoV) di Wuhan, China. Dalam pembahasan, terbuka opsi untuk mengevakuasi WNI yang berada di sana.

"Kemarin pada tanggal 26 Januari atas instruksi Menteri Luar Negeri telah diadakan video conference antara Kemlu, Kemenkes, KBRI Beijing dan Shanghai, KBRI Guangzhou, KBRI Hong Kong, dan KBRI Taipei. Video conference juga membahas rencana kontingensi dan langkah-langkah koordinasi dengan otoritas RRT dalam mengenai opsi-opsi yang ada, termasuk opsi evakuasi WNI," Kata Pelaksana Tugas Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).


Faizasyah menyebut beberapa negara juga membuka opsi evakuasi bagi warga negaranya yang berada di China. Namun rencana evakuasi tersebut juga tergantung pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam memberikan pertimbangan.

"Ada beberapa negara yang sudah menyampaikan pernyataan tersebut semua dari kita, termasuk negara Indonesia bergantung dari sejauh mana pemerintah RRT bisa memberikan pertimbangan dan saran tindakan bagi evakuasi tersebut, apakah dievakuasi bisa langsung kembali ke negara atau harus di wilayah Tiongkok sendiri," ujar Faizasyah.

Selanjutnya
Halaman
1 2