Begini Penjelasan Pihak yang Datangkan Rombongan Turis China ke Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 15:11 WIB
Kedatangan rombongan turis asal Cina tersebut disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno,
Momen kedatangan turis China di Sumbar yang disambut oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.Foto: Antara
Padang -

Kunjungan rombongan turis China ke Sumatera Barat (Sumbar) jadi sorotan. Pihak yang membawa rombongan turis tersebut memastikan mereka aman dari virus corona.

PT Marawa Coporate yang bekerja sama dengan Cocos Tour selaku biro perjalanan yang mendatangkan wisatawan China ke Sumbar memastikan mereka yang akan berkunjung tidak terjangkit virus corona yang saat ini sedang mewabah di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Pimpinan PT Marawa Corporate Darmawi mengatakan semua WNA China berangkat dari Bandara Kunming di Provinsi Yunan yang berada di kawasan pegunungan China melalui penerbangan langsung dalam waktu empat jam perjalanan.

Menurut dia, lokasi tersebut jauh dari daerah Wuhan yang berjarak sekitar 19 jam perjalanan dan mereka yang akan berangkat ke Sumbar harus melalui pemeriksaan di Bandara Kunming.

"Lokasi asal turis ini jauh dari Wuhan. Mereka juga sebelum berangkat melalui pemeriksaan di Bandara Kunming," kata Darmawi kepada wartawan, Minggu (26/1/20201) kemarin.

Penolakan atas kedatangan rombongan turis China itu muncul dari masyarakat. Aksi penolakan digelar di depan hotel tempat rombongan menginap di Bukittinggi, Sumbar.

Sebelumnya, sebanyak 174 turis asal Kunming, China, tiba di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Minggu pagi (26/1/2020), pukul 06.36 WIB, yang rencananya berwisata selama lima hari di Sumatera Barat. Kedatangan rombongan turis asal China tersebut disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Sekda Sumbar Alwis, dan pemangku kepentingan terkait.

Tiba di Bandara setelah melewati pemeriksaan imigrasi dan suhu tubuh menggunakan thermal scanner, rombongan disambut tari pasambahan dan hiburan musik khas Minang talempong di pintu kedatangan internasional.

Simak Video "Menhub soal Batasan Travel ke China: Cuma ke Wuhan, Lainnya Tak Masalah"

[Gambas:Video 20detik]

(tor/tor)