Kebakaran di Kemanggisan Ilir Jakbar Padam, Diduga karena Kompor

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 20:13 WIB
Foto: Kebakaran di Kemanggisan Ilir, Jakarta Barat (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran yang terjadi di Kemanggisan Ilir Raya RT 16/8, Jakarta Barat sudah padam. Warga mengatakan satu bangunan rumah ludes dan satu rumah makan ikut terbakar, penyebab diduga karena kompor yang dibiarkan terus menyala.

"Di belakang kan ada beberapa rumah kan agak-agak dempet di belakang, saungnya, saya juga nggak bisa pastiin berapa cuma ada 2 3 yang kena lah ya," ujar warga bernama Derry Ariananta kepada wartawan di lokasi, Minggu (26/1/2020).

Derry menduga penyebab kebakaran berasal dari warga yang lupa mematikan kompor.

"Saya juga nggak nyalahin siapa-siapa, cuman ada kelalaian seseorang, ada human error, itu nyalain kompor tapi nggak dimatiin," kata Derry.

Derry mengatakan saat terjadi kebakaran, restoran yang ikut terbakar saat itu sedang ramai. Pembeli di dalam restoran, kata Derry, langsung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

"Ada yang makan, banyak sih yang lagi makan di situ terus motornya pada dikeluarin, taruh di depan pada keluar. Api kan dari belakang apinya kena saungnya juga kan," kata Derry.

Hogan Wahyudi Ketua RT 16/8 mengatakan bahwa api padam pukul 17.30 WIB dengan bantuan 14 unit damkar.

"Setengah 6 sore tadi, 14 damkar," kata Hogan.

Hogan mengatakan penyebab kebakaran masih simpang siur. Namun Hogan menduga kuat, api berasal dari rumah warga yang rumahnya ditinggal saat memasak. Hogan mengaku belum menemui pemilik rumah.

"Masih simpang siur, katanya tetangganya itu dia masak ditinggal. Tapi sampai sekarang orangnya belum ada, belum ketemu sama yang ngontrak ini," kata Hogan.

(gbr/gbr)