Diiringi Syair Dubes, Permintaan Tambah Kuota Haji RI Sampai ke Saudi

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 01:14 WIB
Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penambahan kuota haji untuk jemaah asal Indonesia telah sampai ke Kerajaan Arab Saudi. Permintaan itu sampai ke Saudi diiringi syair dari Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Berdasarkan siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh, Jumat (24/1/2020), Dubes Maftuh menjelaskan Jokowi selalu berpesan untuk selalu memprioritaskan diplomasi kuota haji dan juga perlindungan ke seluruh WNI di Arab Saudi. Di samping sudah barang tentu penguatan diplomasi ekonomi yang pernah didiskusikan oleh Presiden dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pada Kamis (23/1) waktu setempat, delegasi parlemen Indonesia pimpinan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Mohammad Saleh Taher Benten di Kantornya, Mekah. Aziz Syamsuddin menyampaikan keinginan Indonesia agar Arab Saudi bisa menambah kuota haji.

"Tadi saya sampaikan dukungan penuh pemerintah RI kepada Arab Saudi yang telah dan sedang merampungkan proyek-proyek besar untuk menyukseskan berbagai inovasi-inovasi baru dalam melayani seluruh jamaah haji khususnya dari Indonesia. Tadi saya sebut juga 8 inovasi hebat Arab Saudi," kata Maftuh.

Baik DPR maupun KBRI sama-sama membawa misi penambahan kuota haji, demi jemaah asal Indonesia supaya bisa lebih banyak menunaikan rukun Islam ke-5. Penambahan kuota haji ini juga menjadi keinginan Presiden Jokowi dan Menag Fachrul Razi.

Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin menyampaikan keinginan Indonesia agar Arab Saudi bisa menambah kuota haji menjadi 250 ribu karena kuota haji adalah sesuatu yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia yang harus antri sampai 30 tahun untuk berkesempatan menunaikan ibadah.

Selanjutnya
Halaman
1 2