Istana Minta Menkes Tak Kecolongan soal Virus Corona

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 15:07 WIB
Moeldoko (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko sudah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Terawan terkait pencegahan masuknya virus Corona ke Indonesia. Dia meminta Menkes tidak kecolongan.

"Saya sudah kemarin tanya ke Menkes apa langkah-langkah kita untuk melakukan preventif, untuk nanti kita jangan sampai kecolongan gitu," kata Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Moeldoko mengatakan saat ini berbagai upaya juga telah dilakukan pemerintah untuk mencegah masuknya virus Corona. Misalnya dengan melakukan pengecekan di pintu-pintu masuk ke Indonesia.

"Sudah ada langkah-langkah itu, di pintu-pintu masuk itu. Upaya untuk mendeteksi. Yang paling penting adalah preventifnya," ujarnya.

Sementara itu, terkait imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang kembali atau pergi ke China, Moeldoko mengaku dilematis. Namun dia yakin WNI di sana sudah mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Ya itu juga dilema kalau dipikirkan nanti penyebarannya dan sebagainya. Tapi intinya kan semua dari kita masyarakat Indonesia yang ada di sana pasti bisa antisipasi dengan baik," kata Moeldoko.

Lebih lanjut Moeldoko mengatakan hingga kini belum ada rencana memberikan travel warning ke WNI yang akan berkunjung ke China. "Belum, sih," pungkas dia.

Simak Video "Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Pernah ke China"

[Gambas:Video 20detik]

(mae/gbr)