Polri Bantu KPK Buru Harun Masiku: Kita Bentuk Tim Pencari

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 13:51 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

KPK masih terus mengejar tersangka suap komisioner KPU Wahyu Setiawan, Harun Masiku, yang telah berada di Indonesia. Polri mengaku siap membantu mencari keberadaan Harun.

"Kita pokoknya tetap membantu KPK untuk mencari yang bersangkutan. Kita masih bekerja," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono di kantor Kompolnas, Jalan Tirtayasa VII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020).

Argo mengatakan, terkait perkembangan keberadaan Harun, pihak kepolisian terus berupaya melakukan pengembangan. Dia menyebut Polri akan terus mencari keberadaan mantan caleg PDIP tersebut.

"Ya kita nyari, gitu loh," sambungnya.

Dia pun enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai upaya pencarian Harun Masiku tersebut. Argo menyebut Polri akan membentuk tim dalam upaya membantu KPK menemukan Harun Masiku.

"Kalau nanti kita apa namanya sampaikan semuanya kalau nanti yang bersangkutan tau langsung menghindar gimana? Kita bentuk tim untuk cari," ucap Argo.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi kini mengakui tersangka KPK Harun Masiku sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020 atau sehari sebelum operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK. Ronny menyebut ada persoalan pada perangkat yang ada di Bandara Soekarno-Hatta sehingga sebelumnya tidak diketahui kedatangan Harun itu.

"Sudah masuk rupanya setelah kita dalami sistem itu sudah masuk," ucap Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie kepada detikcom, Rabu (22/1).

"Memang ada delay time karena di (Terminal) 2F itu perangkat IT kita baru pasang di sana jadi ada delay time setelah kita dalami dan kita tahu sudah masuk tanggal 7 Januari 2020 yang lalu," imbuh Ronny.

Simak Video "Kasus Harun Masiku Ujian Pertama Dewas KPK"

[Gambas:Video 20detik]

(jef/dhn)