Imigrasi Tepis Ada Arahan Yasonna soal Data Keberadaan Harun Masiku

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 09:03 WIB
Foto Ronny Sompie: Ari Saputra
Jakarta -

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menanggapi pernyataan Koalisi Antikorupsi yang menduga ada instruksi Menkum HAM Yasonna Laoly terkait tersangka suap komisioner KPU Wahyu Setiawan, Harun Masiku. Imigrasi menegaskan tidak ada instruksi yang diberikan Yasonna terkait Harun Masiku.

"Pertama kali Ditjen Imigrasi memberikan informasi ke media tanggal 13 Januari 2020. Seperti biasa Ditjen Imigrasi selalu mengandalkan data perlintasan yang terekam oleh Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM). Karena selama ini, semua pertanyaan media tentang keberadaan seseorang WNI berkaitan dengan sebuah kegiatan penegakan hukum oleh institusi tertentu selalu diberikan data hasil kajian melalui SIMKIM," ujar Dirjen Ronny F. Sompie kepada detikcom, Kamis (23/1/2020) malam.

"Dengan demikian, sampai tanggal 13 Januari 2020 Ditjen Imigrasi masih yakin dengan data hasil kajian SIMKIM, bahwa hanya ada perlintasan HM (Harun Masiku) dari Bandara Soetta ke Singapura pada tanggal 6 Januari 2020. Belum ada perlintasan lainnya di SIMKIM," imbuh dia.

Ronny mengatakan pihaknya melaporkan semua terkait SIMKIM bandara ke Yasonna. Namun, menurut Ronny tidak ada arahan dari Yasonna yang berkaitan dengan data Harun Masiku ini. Ronny juga menegaskan pihaknya tidak merekayasa informasi kepada publik.

"Hal tersebut juga saya laporkan kepada Bapak Menkum HAM sebagai dasar kalau ada pertanyaan dari media. Tidak ada arahan dari Menkum HAM berkaitan dengan data yang tersedia tersebut. Juga tidak ada rekayasa informasi yang dilakukan oleh Ditjen Imigrasi," ungkapnya.

Ronny menyatakan siap jika lembaga manapun dan Koalisi Antikorupsi memeriksa jajarannya dan dan mengkaji imigrasi. Dia menjelaskan semua informasi yang diberikan kepada publik merupakan hasil kajian dari SIMKIM dan hasil video CCTV milik PT Angkasa Pura 2.

"Kalau lembaga tersebut mau memberikan koreksi, saya selaku Dirjen Imigrasi dengan tangan terbuka menerima secara ikhlas. Oleh karena itu pula, saya sudah memerintahkan tim untuk menyelidiki alasan terjadinya delay time pengiriman data dari PC di Tempat Pemeriksaan Imigrasi ke SIMKIM,' katanya.

Simak Vide "Kasus Harun Masiku Ujian Pertama Dewas KPK"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2