9 Ibadah Sunah Sebelum Sholat Jumat, Mandi Hingga Tampil Wangi

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 07:14 WIB
Sholat JUmat (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Bagi umat Islam, Jumat adalah hari istimewa hingga diperintahkan wajib menunaikan sholat di hari tersebut. Berbagai ibadah sunnah disarankan dilakukan di hari Jumat, mulai dari membaca surat Al-Kahfi hingga sebelum menunaikan sholat Jumat .

Berikut ibadah sunah yang bisa dilakukan sebelum sholat Jumat dikutip dari berbagai sumber:

1. Mandi

Bagi yang hendak sholat Jumat disarankan mandi sebelum menunaikan ibadah wajib bagi laki-laki tersebut. Sebagai ibadah sunnah, mandi bukan syarat sah sholat sehingga tak perlu khawatir jika tidak sempat mandi. Hal ini tertulis dalam hadis yang diceritakan Ibnu Umar RA.

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - ، قَالَ : (( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Artinya: "Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi." (HR Bukhori dan Muslim).

2. Potong kuku dan kumis

Ibadah sunnah selanjutnya adalah potong kuku dan kumis yang dilakukan sebelum sholat Jumat. Tentunya, ibadah tertulis dalam hadist yang diyakini kebenarannya bersumber dari Abu Jafar yang diambil dari kitab Assunanul Kubro.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

Artinya: ""Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat." (HR Imam Al-Baihaqi).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3