Dinkes DKI Jelaskan Prosedur Praktik Dokter WNA di Indonesia

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 17:15 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Belakangan ini Polda Metro Jaya mengungkap praktik ilegal sejumlah klinik di Jakarta yang mempekerjakan dokter warga negara asing secara ilegal. Bagaimana sebetulnya prosedur dokter WNA boleh berpraktik di Indonesia?

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati menjelaskan tata cara dokter asal luar negeri untuk bisa mendapatkan izin praktik di Indonesia. Izin praktik itu wajib dipunyai oleh dokter di Indonesia.

"Pada dasarnya UU mengizinkan warga negara asing untuk melaksanakan beberapa kegiatan praktik, termasuk di antaranya pelayanan kesehatan sepanjang memenuhi ketentuan yang ada di UU," kata Ani kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/1/2020)

Ani menyebut dokter tersebut harus lolos dalam proses-proses evaluasi yang dikeluarkan oleh Dinkes. Sang dokter wajib memenuhi etika profesi kedokteran.

"Ketentuanya itu antara lain bahwa yang bersangkutan, pertama harus memiliki izin kerja sesuai UU berlaku kemudian lolos evaluasi. Di dalam evaluasi itu antara lain ada keabsahan ijazah, proses adaptasi dan sehat secara fisik dan mental dan dipastikan mematuhi etika profesi," ungkap Ani.

Dalam kasus dokter LS asal China itu, polisi menyebut LS tidak bisa berbahasa Indonesia. Ani menyebut seharusnya dokter-dokter wajib menguasai bahasa Indonesia jika ingin melakukan praktik di Indonesia.

"Syarat berikutnya mampu berbahasa Indonesia dan paling penting yang bersangkutan memiliki surat registrasi atau STR," kata Ani.


Selanjutnya
Halaman
1 2