Mendagri Serahkan DP4 ke KPU, Jumlahnya 105 Juta Data Penduduk

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 16:26 WIB
Penyerahan DP4 dari Mendagri ke KPU (Lisye Sri Rahayu/detikcom)

Tito menyebut DP4 diperoleh dari daerah dan sudah divalidasi oleh Kemendagri. Sementara itu, Tito berharap data tersebut dapat membantu KPU dalam menentukan DPT.

"Data DP4 berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten/kota yang telah dikonsolidasikan, verifikasi dan divalidasi oleh kementerian dalam negeri di tingakat pusat. Sehingga dapat digunkan dalam penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan," kata dia.

Tito berharap KPU dapat menggunakan data tersebut serta menjaga kerahasiaannya. Tito menyebut bahwa Kemendagri siap membantu KPU apabila dibutuhkan.

"Dengan penyerahan ini kami mengaharapkan KPU agar data kependudukan dapat digunakan juga dapat dijaga keharahasiananya sesuai dengan peraturan perundang-undangannya. Dan kami juga sudah siapkan tim kita akan melaksanakan rekonsilisasi data dalam rangka verifikasi terakhir kami pasti akan sangat siap membantu pada jajaran KPU di pusat dan di daerah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan di setiap Pemilu, KPU selalu berkoordinasi dengan Kemendagri. Arief menyebut program KTP elektonik sangat membantu KPU dalam menyusun daftar pemilih.

"KPU dalam menjalankan tahapan pemilu selama ini selalu berkoordinasi dengam baik bersama dengan dirjen Dukcapil. Kami berterima kasih karena program pembuatan KTP elektronik ini angkanya terus meningkat, dan tadi disampaikan oleh Pak Menteri, tinggal 1,22 persen yang belum selesai," kata Arief.

"Jadi dengan sistem KTP elektronik ini tentu pekerjaan KPU jauh lebih mudah dengan dukungan data dari Kemendagri," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3