Mensos Minta SDM Inovatif dan Melek Teknologi Guna Layani Masyarakat

Content Promotion - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 15:09 WIB
Foto: Humas BP3S
Jakarta -

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengagumi sumber daya manusia (SDM) Kesejahteraan Sosial (Kesos) yang ada di Kementerian Sosial (Kemensos). Menurutnya, program Kemensos maju berkat SDM hebat dan ke depan ia ingin terus mengembangkan pelayanan pelayanan kesejahteraan sosial melalui teknologi.

Dalam kunjungan kerjanya ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Yogyakarta, Kamis (23/1/2020), Juliari mengatakan SDM di B2P3KS haruslah diisi orang yang selalu berpikir dan berinovasi.

"Tempat ini harus diisi oleh orang yang selalu berpikir dan berinovasi. Bagaimana bisa melayani rakyat yang belum sejahtera" kata Juliari.

Mensos Minta SDM Inovatif dan Melek Teknologi Guna Layani MasyarakatFoto: Kemensos

Juliari yang datang didampingi Kepala Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan (BP3S) Kemensos Prof Syahabuddin mengatakan dalam proses untuk pelayanan kesejahteraan sosial, Kemensos ingin terus berinovasi dan mengimplementasikan teknologi digital.

"Hal ini juga sesuai dengan arahan presiden untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas," kata Juliari.

"Saya berharap, ke depan B2P3KS Yogyakarta menjadi lembaga penelitian yang prestigious, responsif atas permasalahan yang terjadi di masyarakat, dan solutif memberikan rekomendasi yang mampu diterapkan dan mampu menyelesaikan masyarakat tersebut," jelasnya.

Setelah dari B2P3KS, Juliari dan rombongan bertolak ke Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, Juliari menekankan peran SDM harus ditingkatkan dalam menjalankan fungsi pendampingan sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat.

"Tentunya peran Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta menjadi penting untuk mewujudkan itu semua. Saya berharap jajaran pendidikan dan pelatihan kesejahteraan sosial untuk siap menghadapi perubahan yang bersifat abadi, seperti perubahan di bidang teknologi informasi komunikasi," ujar Juliari.

Sementara itu, menurut Kepala BP3S Prof Syahabuddin menyampaikan melalui pendidikan dan pelatihan Kesos ini, pihaknya berharap akan menciptakan SDM Kesos yang unggul.

"SDM Kesos unggul akan mampu menjawab ancaman yang dihadapi bangsa dan negara ke depan. SDM unggul adalah kunci Indonesia di masa depan," ucap Syahabuddin.

Simak Juga Video "Alibaba Bakal Latih 2 Ribu Mahasiswa Seputar Teknologi Cloud"

[Gambas:Video 20detik]

(ads/ads)