RI Diminta Desak Filipina-Malaysia Jalankan Trilateral untuk Tangani Abu Sayyaf

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 08:18 WIB
Ilustrasi Abu Sayyaf Sandera WNI
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Charles Honoris mengutuk keras kembali terjadinya aksi penculikan terhadap lima WNI Filipina. Charles pun mendesak pemerintah melakukan segala upaya untuk membebaskan para WNI itu dan mencegah kejadian yang sama terulang lagi.

"Kami mengutuk keras aksi penculikan terhadap WN Indonesia yang kembali dilakukan oleh kelompok Abu Sayyaf. Pemerintah harus melakukan segala upaya untuk membebaskan WNI yang disandera oleh kelompok tersebut," kata Charles kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).

Charles pun meminta pemerintah mendesak Filipina dan Malaysia untuk menjalankan kerja sama trilateral yang pernah disepakati sebelumnya. Dia mengatakan, kesepakatan trilateral terkait pengamanan wilayah perairan itu pernah diteken oleh ketiga negara pada 2016 lalu.

"Pada tahun 2016 yang lalu, Indonesia, Malaysia dan Filipina sudah menandatangani Kesepakatan Trilateral terkait dengan pengamanan wilayah perairan di kawasan. Kesepakatan tersebut mencakup kerjasama dalam melakukan patroli bersama dan pertukaran informasi (intelligence sharing) dalam rangka mengamankan perairan dari berbagai aksi kejahatan. Sayangnya kesepakatan tersebut tidak dijalankan sehingga tingkat kerawanan di perairan tersebut masih tinggi," tutur politikus PDIP itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2