Kepala BNPB Ungkap Kajian soal Kaltim: Ada Potensi Gempa, Tapi di Bawah M 5

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 03:48 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut wilayah provinsi Kalimantan Timur minim akan bencana. Meski terdapat potensi gempa bumi, namun kekuatan magnitudonya masih di bawah 5.

Dalam Rapat Koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (22/1/2020), Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan beberapa hasil kajian yang menyebutkan wilayah Kalimantan Timur memiliki potensi gempa bumi, namun di bawah magnitudo 5 yang tidak merusak dan sedikit kemungkinan memicu gelombang tsunami.

"Ada potensi gempa bumi, tapi di bawah 5," kata Kepala BNPB Doni Monardo seperti dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (23/1/2020).


Doni juga mengatakan Kaltim merupakan wilayah yang paling sedikit terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Doni merujuk pada data yang dimiliki BNPB sejak tahun 2015-2019.

"Kalimantan Timur bahkan tidak masuk dalam 5 besar wilayah yang terdampak Karhutla seperti wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan," ujarnya.


Dalam kajian ini, BNPB jelas Doni, melibatkan para pakar, ahli dan peneliti. Sehingga ada kajian lengkap guna meminimalisir ancaman bencana sejak dini.

"Dalam penyusunan analisa yang menjadi risiko bencana, BNPB pastinya membutuhkan waktu karena hal tersebut memerlukan lintas ahli atau pakar dari segala jenis fenomena alam yang dapat berpotensi menjadi bencana. Sehingga hasil kajian dan penelitian lebih dalam dapat menjadi pedoman dalam mengambil langkah mitigasi bencananya," ujarnya

"Dengan kajian yang lebih dalam maka akan lebih baik lagi bagi kita untuk menyiapkan solusinya," tutur Doni.

(eva/gbr)