Diminta Lapor ke Propam, Tim Hukum Lutfi 'Pembawa Bendera' Samakan Persepsi

Faiq Hidayat - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 17:07 WIB
Foto: Faiq Hidayat/detikcom
Jakarta -

Tim kuasa hukum Dede Lutfi Alfiandi alias Dede akan menggelar rapat membahas laporan ke Propam atau Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Pertemuan rapat itu juga akan membahas perlindungan untuk Lutfi.

"Berkaitan dengan hal tersebut, hari ini kami tim Lembaga Bantuan Hukum Kobar Indonesia akan mengadakan pertemuan untuk menyamakan persepsi dan ada beberapa keputusan untuk melindungi klien kami," ucap pengacara Lutfi, Mahmud, kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Menurut Mahmud, pihaknya perlu membicarakan lapor tidaknya ke Propam dengan tim kuasa hukum Lutfi lainnya.

"Bisa saja kami melaporkan ke Propam atau ke LPSK tapi ada keputusan bersama dari Tim LBH Kobar Indonesia," jelas Mahmud.

Sebelumnya, di hadapan majelis hakim PN Jakarta Pusat, terdakwa Dede Alfiandi alias Dede mengaku disetrum dan dipaksa polisi untuk mengakui perbuatannya. Polda Metro Jaya mempersilakan Dede untuk melapor ke Propam apabila merasa ada yang salah selama proses penyelidikan di kepolisian.

"Ada mekanismenya, kalau memang nggak terima. Ada yang namanya dewan pengawas kita Propam. Laporkan ke Propam nanti akan kita lakukan pemeriksaan," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/1).

Yusri mengklaim pihaknya telah melakukan penyidikan kasus itu secara profesional. Polisi telah sesuai prosedur dalam penyelidikan kasus tersebut.

Dede Lutfi Alfiandi diketahui sosok yang sebelumnya viral setelah potretnya membawa bendera Merah-Putih saat demo pada 30 September 2019 beredar di media sosial. Namun bukan potret itu yang membawa Lutfi ke meja hijau.

Akibat perkara ini, Lutfi didakwa melawan polisi pada saat aksi 30 September 2019. Lutfi, disebut jaksa, melakukan kekerasan kepada polisi yang berjaga di depan gedung DPR.

Simak Video "Luthfi Pembawa Bendera Merah Putih Dihukum karena Anarkistis"

[Gambas:Video 20detik]

(fai/idn)