Tiga Catatan Bawaslu untuk KPU soal Pelaksanaan Pemilu 2019

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 15:15 WIB
Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin (Dwi Andayani/detikcom)

Catatan kedua perihal kampanye di luar jadwal dan kampanye di media. Afifudin mengatakan kala itu, persoalan kampanye di media dan di luar jadwal sangat menyita perhatian.

"Catatan yang lain soal kampanye di luar jadwal dan kampanye di media, ini sangat luar biasa menyita perhatian, ada salah satu partai yang punya media yang setiap hari ada partainya sendiri, waktu itu kami datangi semua partai untuk menyurutkan hal tersebut di luar masa kampanye," ujarnya.

Yang terakhir terkait serangan ke KPU perihal kepercayaan hasil pemilu. Afifudin mengatakan kala itu Bawaslu langsung mengambil kebijakan yang bersifat situasional atas ketidakpercayaan terhadap hasil penghitungan suara KPU.

"Pertama yang dilakukan menyandingkan kita punya data beserta pemilih yang kita inventarisasi datanya sama karena data dikelola KPU dan diawasi oleh Bawaslu, dan pada saat yang sama kita keluarkan kebijakan situasional. Di antaranya pada sesi-sesi ketegangan kita datang untuk memastikan bahwa semua dalam situasi terawasi. Itu luar biasa menenangkan," tutur Afifudin.

"Saya kira lepas dari ketegangan kemarin yang muncul di antaranya itu kan misalnya berita bohong, lalu mengklarifikasi atau mengkapitalisasi isu yang terkait penghitungan pembuatan surat suara yang semua tidak benar itu kita harus berani ambil sikap paling depan melakukan kebijakan situasional. Jangan kemudian semangatnya yang penting beda. Di sisi lain banyak kita temukan juga dan kita sampaikan dan dengan mekanisme yang ada," lanjutnya.

Halaman

(maa/mae)