DKPP Puji KPU soal Pemilu 2019, Anggap Kasus Wahyu Setiawan 'Ujian'

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 14:54 WIB
Foto: Ari Saputra / Plt Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad

Muhammad pun memastikan Wahyu saat ini sudah diberhentikan dari KPU. Meski demikian, dia menyebut banyak pihak yang justru menganggap DKPP sebagai pencabut nyawa.

"DKPP ini selalu dituduh sebagai malaikat pencabut nyawa. Padahal kalau kita melihat di slide selanjutnya by data lebih banyak yang kita rehab dari pada yang kita berikan sanksi. Kalau ditanya angkanya jauh lebih banyak persentasi itu sangat jomplang dari pada yang kita pulihkan nama baiknya daripada yang kita beri sanksi," ungkapnya.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan empat orang tersangka yakni Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina, yang diketahui sebagai mantan anggota Badan Pengawas Pemilu dan berperan menjadi orang kepercayaan Wahyu, Saeful, yang hanya disebut KPK sebagai pihak swasta dan Harun Masiku yang diketahui sebagai caleg PDIP.

Kasus ini berkaitan dengan urusan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dari PDIP yang meninggal dunia, yaitu Nazarudin Kiemas. Bila mengikuti aturan suara terbanyak di bawah Nazarudin, penggantinya adalah Riezky Aprilia.

Namun Harun diduga berupaya menyuap Wahyu agar dapat menjadi PAW Nazarudin. KPK turut menduga ada keinginan dari DPP PDIP mengajukan Harun.

Halaman

(maa/imk)