Beruang Liar Masuk Permukiman Warga di Dumai

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 14:02 WIB
Ilustrasi beruang. Foto: Dado Ruvic/Reuters
Pekanbaru - Seekor beruang liar masuk ke permukiman penduduk di Kota Dumai, Riau. Tim masih berupaya untuk mengevakuasi satwa liar tersebut.

"Beruang liar ini tepatnya masuk ke permukiman warga di Jl Abdul Rab Khan RT 15, KM 3 Kelurahan Bukit Timah," kata Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dian Indriati kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).


Dian menjelaskan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat tentang adanya beruang masuk ke areal permukiman, tepatnya di kebun sawit.

"Beruang masuk ke areal semak belukar yang juga ada tanaman kelapa sawitnya. Hanya terlihat satu ekor beruang saja," kata Dian.

Tim BBKSDA Riau bersama warga sekitar sudah mencoba untuk melakukan pengusiran dengan menggunakan petasan. Sekalipun demikian, beruang tersebut masih bertahan di lokasi.

"Sekarang tim kita telah mendatangkan perangkap. Perangkap dipasang dengak diberikan umpan minyak jelantah, buah-buahan di dalam perangkap dan sekitarnya," kata Dian.


Dia menjelaskan, agar masyarakat setempat untuk berhati-hati dan waspada. Namun diimbau masyarakat tidak melakukan tindakan penembakan terhadap beruang tersebut.

"Tim masih memantau keberadaan beruang tersebut di lokasi," kata Dian.



Simak Juga Video "Jalan-Jalan Bersama Hewan Peliharaan di Semarang"

[Gambas:Video 20detik]

(cha/tor)