Imigrasi: Sejak 7 Januari sampai Kini Harun Masiku Masih Berada di RI

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 13:37 WIB
Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mengakui tersangka KPK Harun Masiku sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020 atau sehari sebelum OTT KPK. Ditjen Imigrasi mengatakan sejak 7 Januari 2020 hingga saat ini Harun masih berada di Indonesia.

"Jadi menurut data perlintasan di Sistem Informasi dan Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) yang bersangkutan (Harun Masiku) sudah berada di Indonesia sejak tanggal 7 Januari 2020 sampai saat ini," kaya Dirjen Imigrasi Ronny Sompie kepada detikcom, Rabu (22/1/2020).

Namun, Ronny enggan menjelaskan lebih jauh terkait keberadaan Harun saat ini. Menurutnya, hal itu sudah masuk ranah KPK.




"Keberadaan yang bersangkutan di Indonesia tentu sudah menjadi ranah penyidik KPK untuk menjawab, karena Ditjen Imigrasi tidak berkompeten menjawabnya," ucapnya.

Sebelumnya, Harun memang dikabarkan berada di luar negeri sejak 6 Januari 2020. Namun, teka-teki keberadaan Harun mulai terjawab setelah Ditjen Imigrasi mengakui Harun sebenarnya sudah di Indonesia sejak 7 Januari 2020.

"Sudah masuk rupanya setelah kita dalami sistem itu sudah masuk," ucap Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie kepada detikcom, Rabu (22/1).



Simak Juga Video "Cerita Istri Dengar Kabar Harun Masiku Dikaitkan OTT Wahyu Setiawan"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2