Evaluasi Pemilu 2019, KPU Beberkan Hambatan Distribusi-Rekapitulasi Suara

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 12:21 WIB
KPU gelar evaluasi Pemilu 2019 (Foto: Matius Alfons/detikcom)


Tak hanya kekurangan, Arief mengatakan ada juga sejumlah hambatan yang dihadapi KPU pada pemilu 2019. Misalnya pemutakhiran data pemilih dan kendala pada distribusi logsitik Pemilu.

"Pemutakhiran data pemilih ada beberapa daerah kami alami kesulitan, kita juga hadapi kendala terkait produksi dan distribusi logsitik, ada keterlambatan dan beberapa jadi catatan penting kami, dan kami bersyukur sampai saat ini problem pengadaan barang dan jasa di KPU tidak sisakan masalah dan kami upayakan agar proses pengadaannya semakin transparan dan tidak bisa ada permainan permainan," ujar Arief.

Selain itu, rekapitulasi pemilihan suara di kecamatan juga dinilai menjadi salah satu hambatan. Arief menyebut beberapa kecamatan mengalami keterlambatan karena proses yang banyak.



"Saat rekapitulasi suara di beberapa kecamatan butuh tambahan waktu karena proses cukup banyak, cukup lama sehingga membuat beebrapa kecamatan butuh tambahan waktu untuk rekap," sebutnya.

Arief menyimpulkan secara umum pemilu 2019 berjalan dengan lancar. Dia juga berharap kedepannya pemilu serentak bisa lebih baik lagi.

"Nah secara umum pemilu serentak 2019 berjalan baik sesuai tahapan dengan beberapa saran yang ditunjukan untuk tingkatkan kualitas pemilu serentak yang akan datang," ungkap Arief.
Halaman

(maa/mae)