Fraksi-fraksi DPRD DKI Ingin 2 Cawagub Jalani Tes hingga Beri Paparan

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 11:54 WIB
Foto ilustrasi Gedung DPRD DKI (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Sejumlah fraksi di DPRD DKI belum menjatuhkan pilihan ke salah satu calon wakil gubernur DKI, apakah memilih Nurmansyah Lubis dari PKS atau Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra. Ada fraksi yang ingin mereka melakukan pemaparan terlebih dahulu, ada pula fraksi yang ingin dua cawagub itu dites terlebih dahulu sebelum dipilih anggota dewan.

Fraksi PAN ingin agar dua cawagub DKI itu dites dulu. Tes semacam itu penting untuk mengetahui kemampuan Nurmansyah atau Riza. Hasilnya bisa menjadi pertimbangan anggota DPRD sebelum pemilihan di rapat paripurna.

"PAN dalam hal ini masih mengharapkan tes, karena dua-duanya putra terbaik bangsa, namun kami berharap siapapun nanti yang layak dan terpilih, harus komitmen bekerja maksimal," kata Ketua Fraksi PAN di DPRD DKI, Lukman Hakim, kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).



PAN yang kini punya sembilan anggota dewan di DPRD DKI ini merasa punya tanggung jawab moral dalam menjatuhkan pilihan cawagub pendamping Gubernur Anies Baswedan.

Senada dengan PAN, Fraksi Partai Demokrat juga berharap Nurmansyah dan Riza menjalani tes terlebih dahulu. Selain tes, perlu pula presentasi di hadapan anggota dewan Kebon Sirih.



"Kita ingin ada ujian untuk mereka. Kita juga ingin tahu kemampuan mereka seperti apa, apakah bisa mendampingi Anies dengan baik atau tidak. Karena, kalau Pak Nurmansyah Lubis sempat berteman di DPRD DKI, jadi paham juga, tapi kalau Pak Riza, saya belum tahu. Saya inginnya mereka mempresentasikan dirinya seperti apa. kalau udah itu semua, baru kita akan ambil keputusan," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI, Desie Christhyana Sari, dihubungi terpisah.
Selanjutnya
Halaman
1 2