Ingin Integrasikan Stasiun Kebayoran-TransJ, Anies: Akses Saat Ini Dahsyat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 11:04 WIB
Anies Baswedan meletakkan batu pertama pembangunan jembatan layang integrasi Stasiun MRT ASEAN dan Halte TransJakarta CSW (Foto: Arief/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin membangun integrasi transportasi di Stasiun KRL Kebayoran, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Menurutnya, saat ini penumpang KRL kesulitan jika harus berpindah moda transportasi ke bus TransJakarta, begitupun sebaliknya.

"Ada satu PR, Stasiun Kebayoran Lama itu lebih dahsyat lagi (aksesnya). Di Kebayoran Lama, kereta apinya ada di bawah jalan. Jadi bayangkan kereta api, penumpangnya turun di Kebayoran Lama, kemudian naik ke jalan di atasnya, lalu baru ada TransJakarta. Jadi dua lapis," ucap Anies di Stasiun MRT ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).



Anies menggambarkan akses antara Halte TransJakarta dengan Stasiun KRL memiliki akses yang dahsyat dan menantang fisik. Karena itu, menurut dia, pengintegrasian di Kebayoran merupakan tantangan yang besar.

"Antara rel stasiun kereta dengan halte TJ itu juga secara fisik cukup menantang. Kalau ingin jadi atlet pindah ke situ. Karena olahraganya cukup lumayan," katanya.

Selain Stasiun Kebayoran, ada beberapa lagi stasiun yang akan dibangun konsep integrasi. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama antara PT KAI dengan Pemprov DKI Jakarta.

"4 stasiun kereta yang akan menjadi awal integrasi dengan Kereta Api KRL. Yaitu Dukuh Atas, Stasiun Senen, Stasiun Juanda, dan Tanah Abang. Empat itu," ujar Anies.

"Bila itu kita bisa kerjakan, maka insyaAllah kereta api, MRT, TransJakarta menjadi satu kesatuan," imbuh dia.



Sebelumnya, Anies bersama Menteri BUMN Erick Thohir telah meresmikan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. Melalui PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek pengintegrasian moda transportasi nantinya bisa memajukan transportasi di Indonesia khususnya Jakarta.

Sebagai salah satu upaya pengintegrasian, hari ini Anies pun meletakkan batu pertama pembangunan jembatan layang atau sky bridge Stasiun MRT ASEAN. Jembatan layang itu akan mengintegrasikan Stasiun MRT ASEAN dengan Halte TransJakarta CSW.

Anies ingin antara TransJakarta dengan MRT bisa terintegrasi. Ditargetkan, dua moda transportasi itu bisa terhubung pertengahan tahun ini. (aik/mae)