Mendikbud Nadiem Mangkir 2 Kali Undangan Rapat, Komisi X DPR Geram

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 21:01 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Andhika/detikcom)


Komisi X sendiri mengagendakan rapat dengan Mendikbud hari ini, namun Nadiem tidak memenuhi undangan. Sebelumnya, kata Dede Yusuf, Komisi X juga menjadwalkan rapat dengan Nadiem, namun juga batal. Sayangnya, Dede Yusuf tak menyebut kapan sebelumnya dijadwalkan.


"Jadi, kalau misalnya dia minta diundur sampai minggu ketiga di Februari, itu rasanya benar-benar sebuah pelecehan terhadap lembaga DPR. Jadi, oleh karena itu, kami akan membuat sikap tegas. Kita akan minta minggu depan harus rapat. Ada atau tidak dirjennya, ada atau tidak struktur yang sudah definitif, menteri harus bertanggung jawab," tegas Dede Yusuf.

Gelaran rapat Komisi X dengan Mendikbud Nadiem terakhir kali digelar pada 12 Desember 2019. Ketika itu rapat membahas rencana Nadiem menghapus Ujian Nasional (UN).

"Pertama, menyangkut soal penghapusan UN, yang akan digantikan dengan Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter. Kedua, kelonggaran zonasi. Ketiga, soal RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Keempat, soal menyangkut soal ujian standar nasional," kata Ketua Komisi X Syaiful Huda saat membuka rapat dengan Mendikbud, di gedung DPR.
Halaman

(zak/jbr)