Round-Up

Narasi Kegagalan Jiwasraya Jadi Alasan Pemecatan Helmy Yahya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 20:41 WIB
Helmy Yahya (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Penayangan Liga Inggris menjadi salah satu alasan Dewan Pengawas (Dewas) TVRI memecat Helmy Yahya dari jabatan Dirut TVRI. Di mata Dewas TVRI, ada kesamaan antara polemik penayangan Liga Inggris di TVRI dengan Jiwasraya.

Narasi itu dipaparkan anggota Dewas TVRI Pamungkas Trishadiatmoko dalam rapat dengar pendapat dalam RDP dengan Komisi I di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1/2020). Awalnya, Pamungkas Trishadiatmoko mengatakan Helmy Yahya tak memberikan surat jawaban terkait program asing.

Di sela penjelasan, Wakil Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyahri meminta Pamungkas menegaskan apa program asing yang dimaksud. Pamungkas lalu menyatakan bahwa yang dimaksud adalah terkait penayangan Liga Inggris.


Lantas, Kharis mempertanyakan kepada Dewas TVRI bahwa Liga Inggris sebelumnya disampaikan gratis ke Komisi I. Pamungkas mengatakan Liga Inggris merupakan salah satu program yang bisa memicu TVRI gagal bayar atau timbul utang. Dia menyamakan potensi gagal bayar tersebut seperti kasus Jiwasraya.

"Izin saya meneruskan. Nanti pada paparan detail setelah beberapa tahapan, saya akan mencoba men-summary-kan kenapa Liga Inggris itu bisa menjadi salah satu pemicu gagal bayar ataupun munculnya utang yang seperti Jiwasraya. Sehingga kami akan paparkan urutannya," imbuhnya.



Setelah rapat, Pamungkas juga memberikan penjelasan panjang lebar soal alasan penayangan Liga Inggris bisa memicu gagal bayar seperti Jiwasraya. Penjelasannya dapat dibaca di sini.

Komisi I DPR Bahas Pemecatan Helmy Yahya Bareng Dewas TVRI / Komisi I DPR Bahas Pemecatan Helmy Yahya Bareng Dewas TVRI / Foto: Lamhot Aritonang


Sebelumnya, Helmy Yahya sebelumnya sudah angkat bicara perihal penayangan Liga Inggris ini. Apa katanya?



Utang Rp 69 M TVRI untuk Liga Inggris di Balik Pemecatan Helmy Yahya:


Selanjutnya
Halaman
1 2