Temui Mahfud, Ombudsman Curhat soal Kementerian Tak Patuhi Rekomendasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 17:39 WIB
Ketua Ombudsman Amzulian Rifai (tengah) dan jajarannya bertemu Menko Polhukam Mahfud Md. (Kadek/detikcom)
Jakarta - Ombudsman RI bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud Md. Ombudsman menyampaikan adanya kementerian dan lembaga yang tidak mematuhi rekomendasi seperti Kemendikbud dan Kemendagri.

"Ada lembaga kementerian menurut kami tingkat kepatuhannya cukup rendah. Di antaranya adalah Kementerian Riset Dikti kalau sekarang Kemendikbud. Kemendagri itu juga beberapa perlu menjadi perhatian," Kata Ketua Ombudsman Amzulian Rifai di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).


Amzulian membeberkan dari empat rekomendasi yang diberikan, hanya satu yang dipatuhi oleh Kemendikbud. Namun Ombudsman mengapresiasi Mendikbud Nadiem Makarim yang sudah menemui Ombudsman untuk berkoordinasi terkait rekomendasi tersebut.

"Kemenristek Dikti misalnya dari 4 rekomendasi kami hanya satu yang dipatuhi. Nah, memang kita juga mengapresiasi karena Mas Menteri baru-baru ini sudah mampir ke Ombudsman kita koordinasi dan kita sampaikan terhadap hal ini. Mudah-mudahan untuk menjadi atensi beliau," ujarnya.

Menurut ombudsman, Kemendikbud tidak menjalankan kepatuhan terkait laporan adanya plagiarisme yang dilakukan oleh rektor terpilih. Sementara Mendikbud sudah mematuhi soal status perguruan tinggi kesehatan.

"Yang tidak dijalankan itu terkait, misalnya, laporan adanya plagiarisme oleh rektor terpilih, misalnya. Yang dipatuhi itu adalah terkait status perguruan tinggi kesehatan," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2